MASALAH BELAJAR INTERNAL DAN EXTERNAL BESERTA SOLUSINYA
D
I
S
U
S
U
N
OLEH
NOVITA DESANDRA TANJUNG
1302030251
KELAS : III-B SORE
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATRA UTARA (UMSU)
TAHUN AJARAN : 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadiratkan kepada
Allah SWT atas berkat rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah penerapan
keterampilan proses dalam pembelajaran dan Jangkauan ini dengan tepat waktu.
Makalah ini dibuat sebagai tugas dari dosen pengampu mata kuliah Belajar dan
pembelajaran untuk memenuhi nilai penulis.
Penulis ingin mengucapkan terima
kasih banyak kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yang telah banyak membantu
dalam pembuatan makalah ini. Demikianlah makalah ini penulis buat, semoga
bermanfaat bagi penulis maupun para pembaca.
Penulis meminta maaaf apabila ada
kesalahan dalam penulisan maupun yang lainnya, dan penulis pun mengharapkan
kritik dan saran yang membangun untuk makalah ini. Terima kasih.
Medan,
November 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar......................................................................................................
Daftar Isi...............................................................................................................
Contoh masalah belajar internal dan solusinya....................................................
Contoh masalah belajar external dan solusinya....................................................
CONTOH MASALAH BELAJAR INTERNAL DAN EXTERNAL SERTA SOLUSINYA
1.
CONTOH
MASALAH BELAJAR INTERNAL DAPAT DILIHAT DARI KASUS BERIKUT:
“Ada seorang siswa yang dulunya rajin masuk sekolah, tetapi
akhir-akhir ini jarang masuk sekolah dikarenakan dia selalu menjadi bahan
cemoohan oleh teman sekelasnya dengan masalah sosial ekonomi.dan nilai siswa
inipun semakin hari semakin menurun karena jarangnya siswa tersebut datang
kesekolah”.
SOLOSINYA:
Dari kasus diatas
dapat dilihat masalah yang ditekankan adalah Latar Belakang Sosial Ekonomi,ini
terbukti dari jarangnya siswa tersebut datang kesekolah dikarenakan selalu
menjadi bahan cemoohan teman-temanya satu kelas.
Dengan demikian
kita harus tetap selalu menasehati siswa tersebut agar masuk sekolah, kemudian
berbicara baik-baik sama siswa tersebut dan memberikan motivasi kepada ia
tentang orang akan memandang kamu jika kamu menjadi orang yang CERDAS,bukan
dari kalangan mana kamu dan berada dari mana sosial ekonomi keluarga
kamu,dengan kecerdasan yang kamu miliki menjadi kelebihan bagi diri kamu sendiri.
2.
CONTOH
MASALAH BELAJAR EXTERNAL DAPAT DILIHAT DARI KASUS BERIKUT:
“Sandi
seorang anak SD yang duduk dikelas III ,ia termasuk salah seorang dari sejumlah
anak dikelasnya yang belum dapat membaca secara lancar ,setiap pelajaran
membaca ia menjadi ketakutan karena setiap ia membuka mulut,ia ditertawakan
oleh teman-temanya dan gurunya hanya membiarkanya saja dan mengalihkan giliran
kepada murid lainya.akibatnya anak itu selalu ketinggalan dari teman-temanya
dan dirumah sandi selalu dimarahin karena dalam membaca iya dikalahkan oleh
adiknya yang duduk dikelas II sd”.
SOLUSINYA :
Pada
kasus ini , tampaknya lebih menekankan pada pengaruh lingkungan,ketinggalan
sandi dalam membaca. Lebih banyak disebabkan oleh rasa takut dan tertekan yang
ditimbulkan oleh sikap lingkungan yang tidak mendorong anak ini untuk Belajar.
Dengan
demikian Kita harus mendorong sandi untuk tetap rajin membaca dan untuk rasa
tidak percaya dirinya sandi terhadap teman-temanya . dan kita harus memberkan
motivasi kepada sandi agar menjadi pribadi yang percaya diri . kalau rasa
ketakutan yang dialami sandi mungkin karena sandi takut dalam membacanya dia
ada, yang salah dan dari dia salah membaca ia ditertawakan oleh teman-temanya
jadi,seharusnya guru yang ada pada saat itu harus membela sandi.karena apa,
karena dari situ rasa percaya dirinya si sandi akan bertambah bukan menurun dan
ketakutan untuk membaca itu tidak ada dibenak si sandi.dan kemungkinan besar si
sandi akan lebih meningkat rasa kepercayaanya dirinya untuk membaca didalam
kelas .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar