Minggu, 14 Desember 2014

MASALAH BELAJAR INTERNAL DAN EXTERNAL BESERTA SOLUSINYA



MASALAH BELAJAR INTERNAL DAN EXTERNAL BESERTA SOLUSINYA
D
I
S
U
S
U
N
OLEH
NOVITA DESANDRA TANJUNG
1302030251


KELAS   : III-B SORE 
  
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATRA UTARA (UMSU)
TAHUN AJARAN : 2014/2015





KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kehadiratkan kepada Allah SWT atas berkat rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah penerapan keterampilan proses dalam pembelajaran dan Jangkauan ini dengan tepat waktu. Makalah ini dibuat sebagai tugas dari dosen pengampu mata kuliah Belajar dan pembelajaran untuk memenuhi nilai penulis.
            Penulis ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yang telah banyak membantu dalam pembuatan makalah ini. Demikianlah makalah ini penulis buat, semoga bermanfaat bagi penulis maupun para pembaca.
            Penulis meminta maaaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun yang lainnya, dan penulis pun mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk makalah ini. Terima kasih.
Medan, November 2014

Penulis




DAFTAR ISI
Kata pengantar......................................................................................................
Daftar Isi...............................................................................................................
Contoh masalah belajar internal dan solusinya....................................................
Contoh masalah belajar external dan solusinya....................................................





 



CONTOH MASALAH BELAJAR INTERNAL DAN EXTERNAL SERTA SOLUSINYA



1.      CONTOH MASALAH BELAJAR INTERNAL DAPAT DILIHAT DARI KASUS BERIKUT:


“Ada seorang siswa yang dulunya rajin masuk sekolah, tetapi akhir-akhir ini jarang masuk sekolah dikarenakan dia selalu menjadi bahan cemoohan oleh teman sekelasnya dengan masalah sosial ekonomi.dan nilai siswa inipun semakin hari semakin menurun karena jarangnya siswa tersebut datang kesekolah”.

SOLOSINYA:



            Dari kasus diatas dapat dilihat masalah yang ditekankan adalah Latar Belakang Sosial Ekonomi,ini terbukti dari jarangnya siswa tersebut datang kesekolah dikarenakan selalu menjadi bahan cemoohan teman-temanya satu kelas.    

            Dengan demikian kita harus tetap selalu menasehati siswa tersebut agar masuk sekolah, kemudian berbicara baik-baik sama siswa tersebut dan memberikan motivasi kepada ia tentang orang akan memandang kamu jika kamu menjadi orang yang CERDAS,bukan dari kalangan mana kamu dan berada dari mana sosial ekonomi keluarga kamu,dengan kecerdasan yang kamu miliki menjadi kelebihan bagi diri kamu sendiri.





2.      CONTOH MASALAH BELAJAR EXTERNAL DAPAT DILIHAT DARI KASUS BERIKUT:


“Sandi seorang anak SD yang duduk dikelas III ,ia termasuk salah seorang dari sejumlah anak dikelasnya yang belum dapat membaca secara lancar ,setiap pelajaran membaca ia menjadi ketakutan karena setiap ia membuka mulut,ia ditertawakan oleh teman-temanya dan gurunya hanya membiarkanya saja dan mengalihkan giliran kepada murid lainya.akibatnya anak itu selalu ketinggalan dari teman-temanya dan dirumah sandi selalu dimarahin karena dalam membaca iya dikalahkan oleh adiknya yang duduk dikelas II sd”.


SOLUSINYA :

Pada kasus ini , tampaknya lebih menekankan pada pengaruh lingkungan,ketinggalan sandi dalam membaca. Lebih banyak disebabkan oleh rasa takut dan tertekan yang ditimbulkan oleh sikap lingkungan yang tidak mendorong anak ini untuk Belajar.

Dengan demikian Kita harus mendorong sandi untuk tetap rajin membaca dan untuk rasa tidak percaya dirinya sandi terhadap teman-temanya . dan kita harus memberkan motivasi kepada sandi agar menjadi pribadi yang percaya diri . kalau rasa ketakutan yang dialami sandi mungkin karena sandi takut dalam membacanya dia ada, yang salah dan dari dia salah membaca ia ditertawakan oleh teman-temanya jadi,seharusnya guru yang ada pada saat itu harus membela sandi.karena apa, karena dari situ rasa percaya dirinya si sandi akan bertambah bukan menurun dan ketakutan untuk membaca itu tidak ada dibenak si sandi.dan kemungkinan besar si sandi akan lebih meningkat rasa kepercayaanya dirinya untuk membaca didalam kelas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar